Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ppt, Pdf, Doc

Info Populer 2022

Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ppt, Pdf, Doc

Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ppt, Pdf, Doc
Panduan Penyusunan Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ppt, Pdf, Doc

download panduan penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 pdf - (Pelajari Disini)

Assalamualaikum sahabat guru-id. Saya doakan semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat serta senantiasa semangat dalam mengajar di sekolah.

Pada edisi postingan kali ini, admin akan update info wacana cara/panduan menyusun rpp k13 revisi 2017 untuk SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan sebagai persiapan menciptakan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2018/2019 mendatang.

Selain perancangan rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus, admin juga akan membagikan format rpp k13 revisi 2017 yang telah terintegrasi dengan literasi, ppk, hots dan 4c sehingga para guru tahu perbedaannya dengan rpp edisi revisi 2016.

Berikut ini panduan penyusunan rpp kurikulum 2013 edisi terbaru revisi tahun pelajaran 2017/2018 format pdf.

download panduan penyusunan rpp kurikulum  Panduan Penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 ppt, pdf, doc

A. Tujuan
Bagi guru yang telah mengikuti sesi bimtek panduan penyusunan rpp k13 revisi 2017, maka dapat:

  1. menjelaskan landasan aturan penyusunan RPP,
  2. menjelaskan pengertian RPP,
  3. menjelaskan prinsip penyusunan RPP,
  4. menjelaskan komponen dan format RPP,
  5. menuliskan isi setiap komponen dalam format RPP, dan
  6. menyusun RPP untuk serangkaian KD menurut Kurikulum 2013.
B. Uraian Materi

1. Pengertian
RPP yaitu rencana acara pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan acara pembelajaran penerima didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).Rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 wacana Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap biar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta menawarkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik.

Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan RPP sanggup dilakukan oleh guru secara berdikari dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.Pengembangan RPP sanggup juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

2. Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

a. Perbedaan individual penerima didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan penerima didik.

b. Partisipasi aktif penerima didik.

c. Berpusat pada penerima didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

d. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk menyebarkan kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk tulisan.

e. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan jadwal pertolongan umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedial.

f. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber mencar ilmu dalam satu keutuhan pengalaman belajar.

g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

h. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

3. Komponen RPP

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah:

  • identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  • identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  • kelas/semester,
  • bahan pokok,
  • alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban mencar ilmu dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
  • tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD, dengan memakai kata kerja operasional yang sanggup diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  • kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
  • bahan pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  • metode pembelajaran, dipakai oleh pendidik untuk mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran biar penerima didik mencapai KD yang diubahsuaikan dengan karakteristik penerima didik dan KD yang akan dicapai,
  • media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk memberikan bahan pelajaran,
  • sumber belajar, sanggup berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber mencar ilmu lain yang relevan,
  • langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
  • evaluasi hasil pembelajaran
4. Format RPP

Mempertimbangkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 wacana Pembelajaran padaPendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional sanggup diwujudkan dalam pola format RPP berikut ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP...)

Sekolah :
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
Materi Pokok :
Alokasi Waktu :

  • A. Kompetensi Inti
  • B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
  • C. Tujuan Pembelajaran
  • D. Materi Pembelajaran
  • E. Metode Pembelajaran
  • F. Media dan Bahan
  • G. Sumber Belajar
  • H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan pertama

a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup

2. Pertemuan kedua …. Dst…

I. Penilaian
1. Teknik penilaian

a. Sikap spiritual
b. Sikap sosial
c. Pengetahuan
d. Keterampilan
2. Instrumen Penilaian

download panduan penyusunan rpp kurikulum  Panduan Penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 ppt, pdf, doc
5. Penulisan isi setiap komponen dalam RPP

Di bawah ini yaitu petunjuk cara menulis RPP k13 revisi 2017 menurut pola format dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 wacana Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 wacana Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dna juga pola lengkapnya.

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMPN 3 Rambang Dangku
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/1
Materi Pokok : Teks Berita
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan)

A. KOMPETENSI INTI

1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.

2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.

3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, danbudaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1
Mengidentifikasi unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
3.1.1

3.1.2




Menjelaskan pengertian usur-unsur berita
Menemukan unsur-unsur dalam teks berita
4.1
Menyimpulkan isi isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar
4.1.1

4.1.2
4.1.3
Menjawab pertanyaan wacana isi berita
Menyimpulkan isi teks berita
Menanggapi isi teks berita
C. TUJUAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti pembelajaran wacana teks berita, siswa dibutuhkan dapat:

1. menjelaskan pengertian unsur-unsur berita

2. menemukan unsur-unsur isu dalam teks isu secara benar .

Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa dibutuhkan dapat:

1. menjawab pertanyaan wacana isi teks isu secara benar.

2. menyimpulkan unsur-unsur isu secara benar.

Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti pembelajaran teks berita, siswa dibutuhkan sanggup menanggapi isi teks isu dengan benar

D. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Pengertian teks isu
  2. Unsur-unsur teks isu
  3. Langkah-langkah menyimpulkan unsur-unsur isu
  4. Cara menanggapi isi isu
E. METODE/MODEL PEMBELAJARAN

- Saintifik

F. MEDIA/ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1. Media: LCD proyektor
2. Bahan :

a. Video isu “Indonesia Raih Enam Medali di Olimpiade Fisika Dunia”
b. Teks berita
3. Sumber belajar:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan. Kelas VIII. Draf. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia edisi 4. Badan Jakarta: Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Langkah/
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
-       Guru membuka acara pembelajaran dengan berdoa. (PPK)
-       Guru menanyakan absensi siswa.
-       Guru memberikan KD, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
-       Guru dan siswa menyepakati langkah-langkah acara yang akan dilaksanakan untuk mencapai kompetensi.
1          10’
Kegiatan Inti
-       Salah satu siswa membacakan teks isu wacana kecelakaan di depan kelas.
-       Siswa menuliskan prediksi isi berita. (Literasi)
-       Siswa mengidentifikasi isi isu yang didengar.
-       Siswa bertanya jawab tentang isi isu yang didengar.
-       Guru menanyakan keterkaitan isi isu dengan bahan yang akan diajarkan.
-       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari empat-lima orang.
-       Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan unsur-unsur isu yang didengarkan. (4C=Collaboration)
-       Siswa bersama kelompok menulis pokok-pokok isu sesuai dengan unsur teks isu yang ditemukan pada saat mendengarkan berita.
-       Siswa bersama kelompok menyusun kesimpulan teks berita. (HOTS)
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja diskusi kelompok di depan kelas.(4C=communication)
-       Siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan.
60’
Penutup
-       Guru memberi penguatan terkait dengan bahan yang telah dipelajari.
-       Siswa dibantu oleh guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah berlangsung.
-       Siswa merefleksi proses KBM yang berlangsung.
-       Guru beserta siswa mengakhiri acara mencar ilmu mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. (PPK)
10’

H. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL, DAN PENGAYAAN

1. Teknik Penilaian

a. Sikap (spiritual dan sosial) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan

  1. Tes tertulis (Uraian)
  2. Penugasan (Lembar Kerja)
  3. Tes Lisan
  4. Keterampilan : Praktik (Penilaian Praktik)
2. Pembelajaran Remedial

Tulis acara pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

  • pembelajaran ulang
  • bimbingan perorangan
  • mencar ilmu kelompok
  • pemanfaatan tutor sebaya bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, penerima didik yang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu diberi acara pembelajaran pengayaan untuk ekspansi dan/atau pendalaman bahan (kompetensi) antara lain dalam bentuktugasmengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, meringkas buku-buku acuan dan mewawancarai narasumber.

Bagaimana apakah bapak dan ibu guru sudah paham wacana penyusunan rpp k13 revisi 2017 terbaru? kami berharap demikian. Jangan lupa Download juga Format rpp bahasa indonesia kelas 8 k13 revisi 2017.

Demikian Panduan Penyusunan rpp kurikulum 2013 revisi 2017 ini. File lengkap dalam format Word Bisa anda download melalui LINK BERIKUT. Semoga bermanfaat

Advertisement

Iklan Sidebar