Rpp Ipa Kelas 9 K13 Revisi 2017 Semester Genap Dan Ganjil Terbaru

Info Populer 2022

Rpp Ipa Kelas 9 K13 Revisi 2017 Semester Genap Dan Ganjil Terbaru

Rpp Ipa Kelas 9 K13 Revisi 2017 Semester Genap Dan Ganjil Terbaru
Rpp Ipa Kelas 9 K13 Revisi 2017 Semester Genap Dan Ganjil Terbaru
Untuk kalian sobat guru IPA! Alhamdulillah, hingga hingga ketika ini kami masih bisa menawarkan informasi mengenai RPP IPA Kelas 9 K13 revisi 2017 semester 2. Kita semua niscaya sudah mengetahui bahwa komponen dalam RPP sangatlah mendukung untuk kesuksesan dan kelancaran ngajar-mengajar untuk seorang guru. Oleh sebab itu, kami akan menyebarkan sesuai tema yaitu pembuatan RPP kurikulum 2013 harus benar-benr kreatif dan inovatif.

Sebagai materi referensi untuk Anda, kami akan membagikan RPP IPA kelas 9 K13 revisi 2017 semester 2 yang telah disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016.

 hingga hingga ketika ini kami masih bisa menawarkan informasi mengenai RPP IPA Kelas  RPP IPA Kelas 9 K13 Revisi 2017 Semester Genap dan Ganjil Terbaru
1   .     Kegiatan Pendahuluan
·         Orientasi
·         Motivasi
·         Aperpepsi
·         Pemberi Acuan
·         Motivasi
2  .     Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan Literasi
·         Berpikir Kritik
·         Kreativitas
·         Berkomunikasi
Dan materi yang terdapat pada buku IPA kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 sebagai berikut :

  ü  System Perkembangbiakan Pada Tumbuhan dan Hewan
  ü  Sistem Reproduksi Pada Manusia
  ü  Rangkaian Listrik
  ü  Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi  
  ü  Pewarisan Sifat
  ü  Listrik Statis
  ü  Pewarisan Sifat Pada Makhluk Hidup
  ü  Teknologi Ramah Lingkungan
  ü  Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan
  ü  Bioteknologi Pangan

Dibawah ini ialah rujukan rpp k13 kelas 9 ipa seemster ganjil dan genap terbaru sebagai materi referensi anda.

A.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1.
Pertemuan Ke-1 (4 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi :

Atom, ion, dan molekul

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Atom, ion, dan molekul dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Atom, ion, dan molekul
Pemberian contoh-contoh materi Atom, ion, dan molekul untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Atom, ion, dan molekul
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Atom, ion, dan molekul
Mendengar

Pemberian materi Atom, ion, dan molekul oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :

Atom, ion, dan molekul



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan wacana materi :

Atom, ion, dan molekul


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Atom, ion, dan molekul yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca aneka macam referensi dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Atom, ion, dan molekul yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Atom, ion, dan molekul yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Atom, ion, dan molekul yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas rujukan dalam buku paket mengenai materi Atom, ion, dan molekul
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi wacana materi Atom, ion, dan molekul yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Atom, ion, dan molekul sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Atom, ion, dan molekul


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi wacana data dari Materi :

Atom, ion, dan molekul


Mengolah informasi dari materi Atom, ion, dan molekul yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Atom, ion, dan molekul
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda wacana materi :

Atom, ion, dan molekul


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  wacana materi Atom, ion, dan molekul berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :

Atom, ion, dan molekul


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Atom, ion, dan molekul dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi wacana materi  Atom, ion, dan molekul yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :

Atom, ion, dan molekul


Menjawab pertanyaan wacana materi  Atom, ion, dan molekul yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Atom, ion, dan molekul yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Atom, ion, dan molekul yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Atom, ion, dan molekul berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi  Atom, ion, dan molekul yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Atom, ion, dan molekul yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran  Atom, ion, dan molekul
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Atom, ion, dan molekul kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (4 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan wacana materi :

Sifat bahan

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
Memberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman mencar ilmu  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Sifat materi dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Sifat bahan
Pemberian contoh-contoh materi Sifat materi untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Sifat bahan
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Sifat bahan
Mendengar

Pemberian materi Sifat materi oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran mengenai materi :

Sifat bahan



untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menawarkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, misalnya :
Mengajukan pertanyaan wacana materi :

Sifat bahan


yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pelengkap wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Sifat materi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melaksanakan acara literasi dengan mencari dan membaca aneka macam referensi dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Sifat materi yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Sifat materi yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Sifat materi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas rujukan dalam buku paket mengenai materi Sifat bahan
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi wacana materi Sifat materi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Sifat materi sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Sifat bahan


dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi wacana data dari Materi :

Sifat bahan


Mengolah informasi dari materi Sifat materi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pertolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Sifat bahan
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam pertanda wacana materi :

Sifat bahan


antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bahu-membahu membahas balasan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  wacana materi Sifat materi berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :

Sifat bahan


Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Sifat materi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi wacana materi  Sifat materi yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :

Sifat bahan


Menjawab pertanyaan wacana materi  Sifat materi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Sifat materi yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Sifat materi yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Sifat materi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi  Sifat materi yang gres dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Sifat materi yang gres diselesaikan.
Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Sifat bahan
Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah

Untuk mendapat password RAR file rpp ipa smp diatas silahkan hubungi saya di facebook alamat ini "https://web.facebook.com/perangkatguru". Terima kasih

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester ganjil materi pokok Sistem Reproduksi Pada Manusia - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester ganjil materi pokok Sistem Perkembangbiakan Pada Tumbuhan dan Hewan - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester ganjil materi pokok Pewarisan sifat - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester ganjil materi pokok Listrik Statis - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester ganjil materi pokok Rangkaian Listrik - COMOT RPP
  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Kemagnetan - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Bioteknologi dan Produksi Pangan - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Sifat Bahan - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Tanah dan Kehidupan - COMOT RPP

  • download rpp ipa kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 materi pokok Proses dan Produk Teknologi ramah lingkungan - COMOT RPP
Advertisement
Previous
This Is The Oldest Page

Iklan Sidebar